Visi, Misi & Tujuan

VISI D III KEPERAWATAN

Menjadi program studi unggul dalam pendidikan vokasional keperawatan di tingkat Asia Tenggara berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman tahun 2030.

Visi Program Studi DIII Keperawatan tersebut di susun berdasarkan prinsip kejelasan dan kerealistikan. Visi tersebut sangat jelas dan sangat realistik karena memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Singkat, sehingga sangat mudah untuk selalu diingat dan dipahami oleh semua civitas akademika.
  2. Spesifik, karena berorientasi pada pengembangan pendidikan vokasional keperawatan yang didukung nilai-nilai ke-Islaman.
  3. Measurable, artinya terukur baik dari cakupannya maupun dimensi waktunya, sehingga visi tersebut bukan sepenuhnya semata-mata khayalan. Agar selalu memenuhi standar ukuran makaprogram studi selalu melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan.
  4. Achievable, artinya visi tersebut dapat diwujudkan dalam kurun waktu yang ditentukan tahun 2030 dengan mempertimbangkan segala kekuatan yang dimiliki, yaitu tersedianya infrastruktur, sumber daya manusia dan sumber keuangan yang memadai. Selain itu, juga didukung dengan komitmen yang kuat dan partsipasi aktif dari semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal dalam pelaksanaan setiap program dan kegiatan yang diadakan oleh program studi. Dan didukung pula kebijakan institusi yang tertuang dalam berbagai peraturan meliputi Statuta Universitas (kode dokumen: 00003 01001), Rencana Jangka Panjang Fakultas tahun 2012-2030 (kode dokumen 0080000001), Rencana Strategis Program Studi DIII Keperawatan (kode dokumen 008004001) yang memiliki kejelasan pencapaiannya, dan Rencana Operasioal Program Studi DIII Keperawatan (kode dokumen 00801 05001), Standar Operasional Prosedur yang ada, indikator kunci yang dimiliki program studi, dan Kurikulum Program Studi DIII Keperawatan (kode dokumen 00801 11001).
  5. Flexible, visi tersebut tetap mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan perubahan sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi di era globalisasi yang seringkali menuntut adanya perubahan.

 

MISI D III KEPERAWATAN

Sebagai upaya untuk mencapai visi program studi yang telah ditetapkan, maka misi Program Studi D III Keperawatan adalah :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang mengacu pada kurikulum DIII Keperawatan terstandar yang mengedepankan profesionalisme, bermartabat, serta menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, kompetetif, dan inovatif, sehingga mampu berdaya saing di tingkat Asia Tenggara.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkonsentrasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keperawatan.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan atmosfir akademik yang kondusif, dan berfikir kritis guna menghasilkan lulusan perawat vokasi dengan kemampuan komplementer yang mengedepankan nilai-nilai ke-Islaman.
  4. Menyelengarakan sistem manajemen kinerja berbasis standar akreditasi.
  5. Mengembangkan kerjasama kemitraan lintas program dan lintas sektoral dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keperawatan 6. Menyelenggarakan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam pengembangan IPTEKS bidang kesehatan.

 

TUJUAN D III KEPERAWATAN

Program Studi DIII Keperawatan mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan perawat vokasi yang kreatif, kompetetif, bermoral, berwawasan luas, dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya, serta mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara.
  2. Menghasilkan lulusan yang berpegang teguh pada nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  3. Menghasilkan penelitian secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keterampilan keperawatan.
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara aktif dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan dan atau keperawatan yang dihadapi masyarakat sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  5. Terwujudnya atmosfir akademik yang kondusif berbasis Budaya Akademik Islami (BUDAI).
  6. Menghasilkan sistem manajemen kinerja berbasis standar akreditasi LAM-PTKes.
  7. Terjalinnya kerjasama lintas program dan lintas sektoral dalam bidang kesehatan dan keperawatan.

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.